Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Jahe Bisa Sembuhkan Omicron? Cek Manfaat Jahe Sebenarnya

Akhir tahun lalu, Indonesia menemukan kasus Omicron pertama. Semakin hari jumlah kasus tersebut semakin meningkat. Kondisi tersebut ternyata memicu muculnya berita simpang siur, salah satunya informasi yang menyebutkan bahwa manfaat jahe bisa menyembuhkan Omicron. Lantas, apakah informasi tersebut benar? Yuk simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Apakah Jahe Bisa Sembuhkan Omicron? Cek Manfaat Jahe Sebenarnya
Jahe dan bubuk jahe (pixabay.com)

Benarkan Menghirup Bubuk Jahe Kering Bisa Sembuhkan Omicron?

Beberapa waktu lalu, media sosial diramaikan dengan video yang menyebutkan bahwa menghirup bubuk jahe kering bisa menyembuhkan Omicron. Tentu saja video tersebut membuat banyak orang bertanya tentang kebenaran informasi yang disampaikan.

Untuk menjawab pertanyaan banyak orang, KOMINFO melalui situs resminya menyebutkan bahwa informasi dalam video tersebut tidak benar alias hoax. Hal serupa juga dijelaskan dalam situs resmi covid19.go.id, yang menyatakan bahwa informasi tersebut palsu. Pasalnya, hingga saat ini tidak ada studi ilmiah yang membuktikan klaim tersebut.

Manfaat Jahe untuk Kesehatan

Meskipun belum ada penelitian yang menyebutkan bahwa jahe dapat mengobati Omicron, namun ternyata rempah hangat ini sudah sejak dahulu berguna untuk menjaga kesehatan tubuh. Sebagaimana dijelaskan dalam halodoc.com, berikut beberapa manfaat jahe untuk kesehatan.

1. Menjaga kekebalan tubuh

Jahe diketahui mengandung vitamin C dan magnesium. Kandungan tersebut berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, jahe juga mengandung senyawa baik yang berguna sebagai antioksidan bagi tubuh.

2. Menurunkan kadar gula darah dan kolesterol

Sebuah studi menyebutkan bahwa konsumsi jahe dengan rutin dapat membantu menurunkan gula darah secara signifikan. Tak hanya itu, jahe juga diketahui bisa menurunkan kolesterol jahat, trigliserida, dan meningkatkan lemak baik.

3. Meredakan rasa nyeri saat haid

Jika Anda merasa nyeri saat sedang haid, tak ada salahnya untuk mencoba minum air jahe. Sebab menurut sejumlah penelitian, disebutkan bahwa jahe dapat meredakan nyeri menstruasi. Manfaat jahe tersebut, hampir sama dengan ibuprofen dan asam mefenamat.

4. Mengatasi sakit otot

Sebuah penelitian di Amerika Serikat menyebutkan bahwa jahe mempunyai efek anti radang dan berkhasiat meredakan sakit otot. Manfaat tersebut diperoleh dari jenis jahe merah.

5. Mencegah gangguan pencernaan

Manfaat jahe lainnya yaitu untuk mencegah dan mengatasi masalah pencernaan. Ekstrak minyak jahe diketahui mengatasi sakit perut karena mengandung anti bakteri. Gangguan ini umumnya terjadi akibat bakteri jahat yang masuk ke tubuh dan jahe berguna sebagai antitesis. 

Itulah beberapa manfaat jahe yang baik untuk kesehatan. Walaupun tidak terbukti bisa menyembuhkan Covid-19, namun ternyata jahe tetap memiliki sederet manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh.


Posting Komentar untuk "Apakah Jahe Bisa Sembuhkan Omicron? Cek Manfaat Jahe Sebenarnya"