Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memahami Sifat Asam Basa - Materi Kimia Kelas XI SMA

Asam basa ternyata sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. Sebab ada beberapa benda di sekitar kita ternyata memiliki sifat kimia ini. Contoh benda yang bersifat asam yaitu jeruk, lemon, dan cuka. Sedangkan benda yang bersifat basa yaitu sabun. Penjelasan lebih lengkap tentang asam basa akan kami bahas pada ulasan berikut ini. 

Memahami Sifat Asam Basa - Materi Kimia Kelas XI SMA
Contoh buah yang bersifat asam (pixabay.com)

Sifat Asam Basa

Sebuah benda dikatakan asam atau basa jika memenuhi sifat-sifat yang telah ditentukan. Untuk mengetahui sifat asam basa, maka kita perlu menggunakan beberapa indikator. Berikut ini beberapa indikator yang digunakan untuk mengetahui sifat asam basa.

1. Kertas lakmus

Indikator pertama yang bisa digunakan untuk mengetahui sifat asam basa yaitu kertas lakmus. Ada dua jenis kertas lakmus yaitu kertas lakmus biru dan merah. Apabila kertas lakmus biru berubah menjadi merah, maka senyawa yang diuji bersifat asam. Sedangkan kertas lakmus merah akan berubah menjadi biru jika bereaksi dengan senyawa basa.

2. Larutan indikator

Indikator asam basa mempunyai sifat yang berubah warna pada pH yang berbeda. Sifat ini digunakan untuk mengetahui nilai pH larutan. Perubahan warna pada larutan indikator memiliki rentang tertentu yang dikenal dengan sebutan trayek indikator.

3. Indikator bahan alam

Sifat asam basa juga bisa diketahui lewat indikator bahan alami. Ada beberapa buah, sayur, dan bunga yang bisa digunakan sebagai indikator asam basa. Contohnya, ekstrak kulit manggis, bunga kembang sepatu, kol ungu, dan kunyit.

4. Kertas indikator universal

Kertas indikator universal bisa digunakan untuk menentukan nilai pH setiap larutan. Larutan asam memiliki pH <7, netral =7, sedangkan basa >7. Cara kerja kertas indikator universal yaitu dengan cara dicelupkan dalam larutan. Tunggu beberapa saat hingga warna kertas berubah. Setelah itu, cocokan kertas pada skala ph dari 0 – 14 yang ada pada kemasan. Dengan cara ini, kita bisa mengetahui nilai pH dari larutan tersebut.

5. pH meter

Sifat asam basa juga bisa diketahui jika kita mengujinya menggunakan alat khusus bernama pH meter. Indikator ini diketahui lebih akurat dibandingkan indikator-indikator sebelumnya. Alat ini bekerja berdasarkan elektrolit dari larutan asam dan basa. 

Bagian utama dari alat ini yaitu sebuah elektroda yang peka terhadap konsentrasi H+ dalam larutan yang akan diukur. Apabila elektroda dicelupkan dalam sebuah larutan, maka pH meter akan menunjukkan angka yang sesuai dengan nilai pH larutan tersebut. Dari angka yang muncul inilah kita bisa mengetahui larutan tersebut termasuk jenis larutan asam atau basa. 

Sumber:
Sutresna, N. Sholehudin, D., & Herlina, T. 2015. Buku Siswa Aktif dan Kreatif Belajar Kimia untuk Kelas XI Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah Peminatan Matematika dan Ilmu-ilmu Alam. Grafindo Media Pratama, Bandung.

Posting Komentar untuk "Memahami Sifat Asam Basa - Materi Kimia Kelas XI SMA"