Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memahami Ruang Lingkup Biologi dengan Mudah

Ruang lingkup biologi menjadi pemahaman dasar yang harus dipahami ketika hendak mempelajari ilmu biologi. Pasalnya biologi adalah ilmu yang mendalami kehidupan beserta segala permasalahan yang ada dalam ruang lingkup tersebut. Biologi juga sering disebut sebagai ilmu hayati karena mempelajari makhluk hidup beserta kehidupannya.


Dengan memahami ruang lingkup ilmu hayati tersebut, maka kita bisa mengetahui bahwa kehidupan makhluk hidup sangat luas. Bahkan dalam ilmu biologi ternyata memiliki beberapa tingkatan dari yang terkecil hingga yang paling besar. Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap tentang ruang lingkup biologi, yuk simak penjelasan berikut ini. 

Memahami Ruang Lingkup Biologi dengan Mudah
Ilustrasi ruang lingkup biologi (pixabay.com)

Apa Itu Biologi?

Secara bahasa, biologi berasal dari Bahasa Yunani. Bios artinya hidup sedangkan logos berarti ilmu. Sehingga bisa dimaknai bahwa biologi adalah ilmu yang mendalami seluruh makhluk hidup dari yang terkecil sampai terbesar. 

Biologi menjadi bagian dari ilmu pengetahuan alam dengan beberapa karakteristik seperti berikut:

  1. Menghasilkan teori yang sifatnya masih umum.
  2. Kajian yang dihasilkan dari penelitian biologi sifatnya objektif.
  3. Memerlukan cara berpikir yang logis serta konsisten.
  4. Sistematis.
  5. Pengembangannya menggunakan pengalaman nyata yang bisa dilakukan semua orang.
  6. Benda nyata menjadi objek ilmu ini.

Susunan Organisasi Kehidupan dalam Ilmu Biologi

Dalam ilmu biologi terdapat beberapa susunan organisasi kehidupan dengan objek yang berbeda. berikut penjelasan lengkapnya.

1. Molekul

Tingkatan organisasi biologi yang pertama yaitu molekul. Kita mungkin sering mendengar bahwa proton, neutron, dan elektron merupakan penyusun materi yang paling sederhana. Partikel-partikel tersebut nantinya akan membentuk atom. Beberapa atom nantinya akan bergabung menjadi molekul. Misalnnya; molekul protein, air, dan DNA.

2. Sel

Molekul yang sudah terbentuk di tingkatan sebelumnya kemudian akan saling berhubungan satu dengan lainnya hingga membentuk organel sel. Senyawa dan organel sel tersebut akan berinteraksi satu dengan lainnya dan membentuk sel. Dalam sel terdapat materi yang berperan penting untuk metabolisme yang menunjang pertumbuhan dan perkembangan.

3. Jaringan

Susunan organisasi biologi ini bisa ditemui pada organisme yang mempunyai sel banyak. Perlu diketahui bahwa jaringan merupakan kumpulan sel yang memiliki bentuk dan fungsi sama. Contohnya; jaringan epitel yang fungsinya untuk melindungi jaringan di bawahnya.

4. Organ dan Sistem Organ

Organ merupakan struktur yang tersusun atas beberapa jaringan yang bekerja sama untuk fungsi tertentu. Contohnya, organ otak yang terdiri dari jaringan saraf dan ikat. Jaringan ini bekerja sama untuk melakukan fungsi koordinasi. 

Sementara itu, sistem organ adalah organ tubuh dengan fungsi dan tugas yang saling berhubungan. Misalnya, pada sistem pernapasan terdapat beberapa organ seperti hidung, paru-paru, dan lain sebagainya.

5. Individu

Dalam ilmu biologi, ada dua jenis individu yaitu organisme multiseluler dan uniseluler. Organisme multiseluler adalah individu yang memiliki banyak sel. Contohnya; manusia, hewan, dan tumbuhan. Sementara itu, organisme uniseluler adalah individu bersel satu. Contohnya; bakteri dan protozoa.

6. Populasi

Individu-individu yang sejenis ketika berkumpul di tempat tertentu pada waktu yang sama akan membentuk populasi. Dalam satu populasi tersebut, setiap individu dapat melakukan perkawinan dan menghasilkan keturunan. Contoh populasi yaitu populasi lebah, burung, semut, dan lain-lain.

7. Komunitas

Komunitas adalah beberapa populasi yang berada tempat sama dan melakukan berinteraksi. Di dalam sebuah komunitas biasanya ada beberapa interaksi baik antar sesama anggota maupun interaksi antara beda populasi. Contohnya; komunitas hutan, laut, sawah, dan lain-lain.

8. Ekosistem

Tingkatan dalam ruang lingkup biologi selanjutnya yaitu tingkat ekosistem. Secara definisi ekosistem diartikan sebagai sebuah komunitas yang memiliki keterkaitan, ketergantungan dan hubungan timbal balik. 

Hubungan timbal balik tersebut bisa terjadi antara makhluk hidup dengan makhluk hidup lain atau antara makhluk hidup dengan lingkungannya. atau antara makhluk hidup dengan lingkungan. Misalnya, ekosistem darat dan laut.

9. Bioma

Bioma merupukan sekumpulan ekosistem yang ada di bumi. Misalnya; bioma tundra, taiga, padang rumput, dan gurun.

10. Biosfer

Dalam ruang lingkup biologi, biosfer merupakan tingkat organisasi yang paling tinggi dan kompleks. Biosfer tersusun atas semua lapisan kulit bumi, air, sampai atmosfer.

Demikian penjelasan singkat tentang ruang lingkup biologi yang mudah dipahami. 

Sumber: 

Sulistyowati, E., Omegawati, W.H., & Hidayat, M.L. 2016. Buku Siswa Biologi untuk SMA/MA Kelas X. Intan Pariwara, Klaten.

Posting Komentar untuk "Memahami Ruang Lingkup Biologi dengan Mudah"