Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kaya Nutrisi, Ini 7 Manfaat Kurma untuk Tubuh

Menjelang bulan Ramadhan, kita pasti banyak menjumpai penjual buah kurma. Buah dengan cita rama manis ini sering menjadi santapan pertama saat berbuka puasa. Selain rasanya yang lezat, manfaat kurma juga ternyata penting untuk memelihara kesehatan tubuh. Apa saja manfaatnya? Ini dia penjelasan lengkapnya.

Kaya Nutrisi, Ini 7 Manfaat Kurma untuk Tubuh
Buah kurma yang kaya nutrisi dan bemanfaat untuk tubuh (pixabay.com)

Kandungan Buah Kurma

Buah kurma bisa dikonsumsi saat masih segar atau kering. Buah kurma segar memiliki kulit yang lebih halus, sedangkan buah kurma kering kulitnya sudah berkerut. Terlepas dari jenisnya, buah kurma segar atau kering tetap mengandung nutrisi yang penting untuk tubuh. Adapun kandungan dalam buah kurma seperti berikut:
  1. Kalori
  2. Lemak
  3. Karbohidrat
  4. Serat
  5. Gula
  6. Protein
  7. Vitamin B6
  8. Zat besi
  9. Magnesium
  10. Potassium

Manfaat Buah Kurma untuk Kesehatan

Melihat banyaknya nutrisi yang terkandung di dalam buah kurma, wajar jika akhirnya buah ini memiliki segudang manfaat untuk tubuh. Berikut ini beberapa khasiat buah kurma untuk menunjang kesehatan tubuh.

1. Memenuhi kebutuhan kalori dan gizi

Kadar kalori dalam buah kurma cukup tinggi jika dibandingkan dengan buah kering lainnya seperti kismis dan buah ara. Perlu diketahui bahwa sebagian besar kalori kurma berasal dari karbohidrat dan sisanya berasal dari protein. Tak hanya tinggi kalori, kurma juga mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan.

2. Menjaga kesehatan pencernaan

Buah kurma menjadi salah satu asupan makanan yang dipercaya bisa melancarkan sistem pencernaan. Hal ini dikarenakan kurma mengandung serat yang cukup tinggi. Serat dalam buah ini bisa mencegah konstipasi dan membuat gerakan usus besar lebih teratur, khusunya dalam pembentukan feses.

3. Menghindari beragam penyakit kronis

Manfaat kurma selanjutnya yaitu dapat mencegah penyakit kronis seperti penyakit jantung, kanker, diabetes, dan alzheimer. Hal ini dikarenakan kurma mengandung antioksidan yang tinggi.

4. Pengganti gula pasir

Kurma merupakan buah yang rasanya manis, maka dari itu tak jarang jika buah ini banyak dimanfaatkan sebagai pengganti gula putih. Tak hanya manis, namun kurma juga mengandung nutrisi dan antioksidan yang tinggi.

5. Mengganti elektrolit tubuh

Selain air kelapa, buah kurma ternyata bisa dimanfaatkan untuk mengembalikan elektrolit yang hilang. Hal tersebut dikarenakan kandungan potasium dalam kurma cukup tinggi. Sebagai tambahan informasi, potasium merupakan salah satu unsur elektrolit yang dibutuhkan tubuh untuk menguatkan tubuh dan membangun otot.

6. Mencegah radang

Manfaat kurma selanjutnya yaitu melindungi tubuh dari beragam jenis radang. Manfaat ini didukung oleh kandungan polifenol yang tinggi. Bahkan diketahui polifenol dalam kurma lebih tinggi dibandingkan buah lain.

7. Mengindari anemia

Anemia merupakan salah satu penyakit yang cukup bahaya jika tidak segera ditangani. Untuk menghindari penyakit ini, kita perlu mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi. Salah satu makanan tinggi zat besi yaitu buah kurma. Kandungan zat besi dalam buah kurma bisa membantu meningkatkan jumlah sel darah merah dan mencegah anemia.

Sumber: https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3626666/manfaat-buah-kurma-yang-jarang-diketahui

Posting Komentar untuk "Kaya Nutrisi, Ini 7 Manfaat Kurma untuk Tubuh"