Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengembalikan Pesan WA yang Terhapus dengan Mudah

WhatsApp merupakan aplikasi pesan singkat yang sudah sangat populer di antara pengguna ponsel pintar. Saat ini hampir semua orang sudah menggunakan aplikasi ini. Namun ada salah satu masalah yang sering dialami pengguna WA, yaitu saat tiba-tiba riwayat chat hilang. Tapi tenang saja, karena kini ada cara mengembalikan pesan WA yang terhapus. 

Dengan menggembalikan pesan tersebut, maka kita tetap bisa membaca dan memiliki riwayat pesan singkat di WhatsApp. Bagaimanakah cara untuk mengembalikan pesan WhatsApp yang sudah hilang? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Cara Mengembalikan Pesan WA yang Terhapus dengan Mudah
Tampilan aplikasi WhatsApp di ponsel pintar (pexels.com/@anton-8100)

Cara Mengembalikan Pesan WA yang Hilang

1. Menggunakan file backup

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk dapat mengembalikan chat yang terhapus yaitu dengan menggunakan file backup. Di Aplikasi WhatsApp terdapat pengaturan untuk mencadangkan riwayat chat. Anda bisa mengatur waktu pencadangan setiap hari, mingguan, atau bulanan.

Tujuan dari pencadangan tersebut, salah satunya untuk menyelamatkan riwayat aktivitas jika WhatsApp mengalami eror. Apabila Anda rutin mencadangkan WhatsApp, maka saat ada chat yang hilang, Anda bisa mengembalikannya dengan mudah.

2. Memulihkan lewat Google Drive

Cara lain yang bisa dipilih untuk mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus yaitu dengan memulihkan lewat Google Drive. Namun untuk bisa menggunakan cara ini, Anda harus memiliki file backup yang tersimpan di Google Drive.

Adapun cara mengembalikan pesan WA yang terhapus lewat Google Drive, sebagai berikut:

  • Pertama, uninstall terlebih dahulu aplikasi WhatsApp yang Anda miliki.
  • Setelah itu, unduh kembali aplikasi tersebut.
  • Masuk menggunakan nomor ponsel yang biasa Anda gunakan untuk WA, lalu lakukan verifikasi.
  • Setelah itu, Anda akan mendapatkan pemberitahuan untuk memulihkan chat lewat Google Drive. Setujui pemberitahuan tersebut dan pilih “next”.
  • Aplikasi WhatsApp akan secara otomatis melakukan pemulihan.
  • Tunggu sampai proses selesai dan kini pesan di WA Anda sudah kembali seperti sedia kala.

3. Mengembalikan chat lewat iCloud

Bagi pengguna iOS, ada cara lain yang bisa digunakan untuk mengembalikan chat yang hilang yaitu dengan memulihkan melalui iCloud. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Hapus terlebih dahulu aplikasi WhatsApp yang terpasang di iPhone Anda.
  • Kemudian install kembali aplikasi tersebut.
  • Login dengan menggunakan nomor ponsel yang sama.
  • Saat muncul perintah untuk memulihkan chat, Anda bisa klik “next”.
  • WhatsApp akan secara otomatis menginput file yang sudah dicadangkan dalam iCloud.
  • Tunggu beberapa saat sampai proses pemulihan selesai.

4. Memulihkan dari file sementara yang tersimpan di HP

Apabila Anda terlanjur tidak mencadangkan pesan, tak perlu khawatir karena ternyata masih ada cara lain yang bisa digunakan untuk mengembalikan pesan yang hilang. Menurut penjelasan di Mega Interesting, diketahui aplikasi WhatsApp secara deafult melakukan salinan pesan dan menyimpannya di HP yang digunakan. File tersebut dibuat setiap pukul dua pagi setip harinya dan hanya akan disimpan dalam waktu satu minggu saja. 

Jadi, jika Anda lupa mencadangkan pesan, Anda bisa memanfaatkan file sementara tersebut untuk memulihkan pesan yang hilang. Sayangnya cara ini tidak bisa dilakukan di iPhone. Untuk pengguna Android yang ingin memulihkan chat WA menggunakan file sementara, berikut langkah-langkah:

  • Masuk ke aplikasi File Manager di ponsel Anda, kemudian masuk ke folder WhatsApp lalu masuk ke folder Database.
  • Setelah itu, pilih folder “msgstore.db.crypt12” lalu ubah nama folder tersebut menjadi “msgstore_BACKUP.db.crypt12”.
  • Dalam folder tersebut banyak file backup dengan format nama file “msgstore-(tahun)-(bulan)-(tanggal).1.db.crypt.12”. Anda bisa memilih file yang terbaru dan mengganti nama file tersebut menjadi “msgstore.db.crypt12”.
  • Kemudian buka Google Drive dan hapus file backup yang tersimpan di Gdrive. Dengan cara ini, maka proses pemulihan akan secara otomatis menggunakan file sementara yang tersimpan di HP.
  • Hapus aplikasi WA dari ponsel yang Anda gunakan. Kemudian daftar seperti biasa.
  • Saat perintah “pulihkan” muncul, aplikasi akan secara otomatis menggunakan file sementara di HP. Anda cukup klik “next” atau “restore” untuk mulai pemulihan.
  • Tunggu sampai proses pemulihan selesai.

Itulah beberapa cara mengembalikan pesan WA yang terhapus dengan mudah. Dari cara di atas, kita mengetahui bahwa proses pencadangan sangat penting untuk menjaga file dan riwayat pesan di WA. Maka dari itu, tak ada salahnya jika mengatur pencadangan secara rutin di aplikasi WhatsApp yang kita gunakan.

Posting Komentar untuk "Cara Mengembalikan Pesan WA yang Terhapus dengan Mudah"