Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi Protein Ini Berguna untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Protein adalah nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah banyak. Sebagai makronutrien, fungsi protein sangat dibutuhkan oleh tubuh. Di dalam sistem pencernaan, protein dipecah menjadi asam amino yang dibutuhkan seluruh tubuh.

Tempe salah satu makanan yang tinggi protein (pixabay.com)

Asam amino yang diperlukan tubuh, sebagian dibuat sendiri oleh tubuh kita. sedangkan sebagian lainnya diperoleh dari makanan. Maka dari itu, untuk memastikan bahwa kebutuhan asam amino terpenuhi, pastikan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung protein.

Lalu, sebenarnya apa saja yang menjadi peran serta fungsi protein untuk tubuh? Yuk simak penjelasan berikut.

Fungsi Protein untuk Tubuh

1. Sumber Energi

Protein menjadi sumber energi penting selain karbohidrat dan lemak. Di dalam protein diketahui mengandung empat kalori per gram. Sehingga keberadaan protein menjadi penting bagi tubuh.

Dalam mengelola makanan menjadi energi, tubuh akan menggunakan karbohidrat dan lemak terlebih dahulu. Sedangkan protein disimpan sebagai cadangan dan hanya akan digunakan saat tubuh benar-benar membutuhkan. Misalnya ketika kita sedang puasa 18-48 jam tanpa makan, maka pada saat itu tubuh akan menggunakan protein sebagai energi.

2. Menyusun Bagian Tubuh

Hampir seluruh bagian tubuh kita disusun menggunakan protein. Makronutrien yang satu ini juga berperan untuk memelihara dan mengganti jaringan yang rusak.

Dalam kondisi normal, protein yang dimanfaatkan untuk menyusun dan memperbaiki jaringan jumlahnya sama setiap harinya. Namun untuk beberapa kondisi, tubuh biasanya memerlukan protein dalam jumlah yang lebih banyak. misalnya saat sedang hamil, menyusui, atau saat sakit.

3. Membentuk Kekebalan Tubuh

Fungsi protein lainnya yaitu untuk membentuk antibodi yang berperan melawan bakteri, virus, atau zat lain yang dapat menyebabkan penyakit. Setelah tubuh memiliki antibodi, maka sel imun akan terus memproduksi antibodi tersebut. Jadi, saat ada patogen penyebab penyakit yang masih ke tubuh, imun kita bisa melawannya dengan baik.

4. Memproduksi Enzim dan Hormon

Enzim adalah jenis protein yang ada di sel. Enzim berperan dalam beragam reaksi biokimia tubuh, misalnya saat kontraksi otot, membunuh racun, hingga mencerna makanan. Selain itu, protein juga bisa menghasilkan hormon.

Hormon diperlukan untuk mengirim perintah dan mengatur proses biologi sel, jaringan, dan organ. Sebagai contoh, hormon insulin bertugas mengirim perintah dan mengatur proses masuknya gula ke sel tubuh.

Selain empat fungsi protein yang sudah disebutkan sebelumnya, nutrisi ini juga dibutuhkan tubuh dalam hal lain. Seperti untuk menyeimbangkan pH, jumlah darah, cadangan nutrisi, hingga alat transportasi untuk senyawa kimia di dalam aliran darah yang keluar – masuk sel.

Setelah mengetahui pentingnya protein, maka sudah sepatutnya kita memperhatikan asupan protein untuk tubuh kita. Konsumsi makanan yang mengandung protein dalam jumlah yang cukup agar metabolisme tubuh tetap berjalan optimal.


Posting Komentar untuk "Fungsi Protein Ini Berguna untuk Menjaga Kesehatan Tubuh"