Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Makanan yang Mengandung Karbohidrat Selain Nasi Putih

Karbohidrat adalah zat gizi yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah banyak, sehingga sering disebut makronutrien. Ada banyak makanan yang mengandung karbohidrat. Karbohidrat berguna untuk menjaga kesehatan tubuh. Seperti menjadi sumber energi, mengurangi risiko penyakit, hingga menjaga berat badan tetap ideal.

Inilah Makanan yang Mengandung Karbohidrat, Penting untuk Kesehatan
Contoh makanan kaya karbohidrat (pixabay.com)
 
Karbohidrat yang mengandung serat tinggi atau karbohidrat kompleks bisa membuat tubuh kenyang lebih lama. Sehingga dengan konsumsi sumber karbohidrat kompleks, Anda bisa mengurangi asupan makan

Sejauh ini kita mungkin mengenal nasi putih sebagai sumber karbohidrat. Namun ternyata, karbohidrat tidak hanya berasal dari nasi putih. Lalu, apa saja makanan yang mengandung karbohidrat selain nasi putih? Berikut daftarnya.

Makanan yang Menjadi Sumber Karbohidrat

1. Kentang

Inilah Makanan yang Mengandung Karbohidrat, Penting untuk Kesehatan
Kentang (pixabay.com)

Kentang adalah sumber karbohidrat yang sudah banyak kita ketahui. Biasanya masyarakat banyak menjadikan kentang sebagai lauk, padahal kentang merupakan makanan dengan karbohidrat yang cukup tinggi. 

Kentang diketahui mengandung pati yang tidak bisa dicerna, sehingga bisa membantu menurunkan berat badan. Akan lebih baik lagi jika kentang dikonsumsi bersama kulitnya. Sebab kulit kentang memiliki banyak serat yang berguna untuk tubuh. Selain itu, kentang juga mengandung vitamin C dan kalium yang baik untuk kesehatan.

Walaupun mengandung banyak nutrisi, namun sebaiknya jangan mengolah kentang dengan cara digoreng. Sebab pengolahan dengan cara ini bisa menambah lemak dan justru bisa meningkatkan berat badan. Ada baiknya mengolah kentang dengan cara direbus atau kukus.

2. Beras Merah

Inilah Makanan yang Mengandung Karbohidrat, Penting untuk Kesehatan
Nasi merah (pixabay.com)

Makanan yang mengandung karbohidrat lainnya yaitu beras merah. Makanan ini diketahui mengandung serat lebih tinggi dibandingkan beras putih. Kandungan serat ini bisa membantu menurunkan berat badan sekaligus mengontrol gula dalam darah. Jadi, konsumsi beras merah lebih menyehatkan dibandingkan beras putih.

3. Pasta Gandum

Inilah Makanan yang Mengandung Karbohidrat, Penting untuk Kesehatan
Ilustrasi pasta gandum (pexels.com)

Pasta merupakan makanan yang juga tidak asing bagi banyak orang. Namun apakah Anda pernah mencicipi pasta gandum? Dan apa bedanya dengan pasta putih?

Pasta gandum ternyata memiliki kandungan serat lebih banyak dibandingkan pasta putih. Bahkan kandungan serat pasta gandum bisa dua sampai tiga kali lebih banyak daripada pasta putih. Kandungan serat ini juga bisa memberikan rasa kenyang lebih lama, sehingga porsi makan menjadi lebih sedikit.

4. Roti Gandum

Inilah Makanan yang Mengandung Karbohidrat, Penting untuk Kesehatan
Roti gandum (pexels.com)

Selain pasta gandum, ada juga roti gandum yang memiliki serat tinggi. Makanan yang mengandung karbohidrat ini bisa dikonsumsi apabila Anda sedang menjalankan program penurunan berat badan. Kandungan serat dalam roti gandum mencapai 7 gram, sedangkan roti putih hanya memiliki serat sekitar 2,7 gram.

5. Oatmeal

Inilah Makanan yang Mengandung Karbohidrat, Penting untuk Kesehatan
Oatmeal (pixabay.com)

Sumber karbohidrat lainnya yaitu oatmeal. Makanan ini juga memiliki serat yang bisa membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Selain itu, oatmeal juga bisa menurunkan kadar kolesterol dan mengontrol kadar gula darah.

Biasanya oatmeal dikonsumsi bersama dengan jenis makanan lain seperti buah atau susu. Cara mengkonsumsi oatmeal tersebut bisa membuat rasa makanan lebih lezat. Namun tidak semua makanan bisa ditambahkan bersama oatmeal. Sebab kandungan kalori dan gula dalam makanan yang ditambahkan bisa mengurangi manfaat dari oatmeal tersebut.

Posting Komentar untuk "Inilah Makanan yang Mengandung Karbohidrat Selain Nasi Putih"