Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Air Kelapa untuk Menunjang Kesehatan Tubuh

Saat dahaga melanda, minum air kelapa bisa menjadi pilihan. Selain menyegarkan, air kelapa juga memiliki segudang manfaat yang sayang untuk dilewatkan. Manfaat air kelapa didapatkan dari kandungan gizi yang dimilikinya.

Data Komposisi Pangan Indonesia menyebutkan dalam 100 gram air kelapa terdapat nutrisi berupa energi, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, besi, natrium, kalium, dan berbagai mineral penting untuk tubuh. 

Manfaat Air Kelapa untuk Menunjang Kesehatan Tubuh
Air kelapa yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh (pixabay.com)

Manfaat Air Kelapa untuk Tubuh

Kandungan nutrisi yang lengkap membuat minuman segar ini memiliki banyak manfaat. Berikut beberapa manfaat air kelapa untuk kesehatan tubuh.

1. Mencegah penuaan dini

Manfaat pertama dari air kelapa yaitu mampu menunda penuaan ini. Air kelapa diketahui mengandung stikonin yang berguan untuk mengatur pertumbuhan, perkembangan, dan penuaan sel. Kandungan inilah yang bisa memberikan efek anti penuaan, anti karsinogen, dan anti trombotik. Sitokinin dalam air kelapa juga berguna untuk menyeimbangkan pH tubuh, menguatkan dan menghidrasi jaringan ikat, serta mengurangi risiko penyakit akibat penuaan.

2. Memelihara kesehatan jantung

Air kelapa juga ternyata berguna untuk memelihara kesehatan jantung. Hal tersebut dikarenakan air kelapa memiliki kalium yang bisa meningkatkan sirkulasi darah, menurunkan darah tinggi, hingga mengurangi serangan jantung dan stroke.

3. Memelihara kesehatan pencernaan

Minum air kelapa dipercaya dapat mengobati penyakit pencernaan. Air kelapa diketahui bisa mengobati diare karena bisa menggantikan cairan yang hilang dari saluran gastrointestinal. Bahkan, osmolaritas air kelapa diketahui lebih besar dibandingkan Oral Rehydration Therapy (ORS) yang direkomendasikan WHO untuk mengobati diare.

4. Mencegah batu ginjal

Manfaat air kelapa selanjutnya yaitu dapat mencegah batu ginjal. Sebuah penelitian yang menggunakan tikus sebagai objeknya, menunjukkan air kelapa bisa mencegah kristal yang menempel di ginjal dan saluran kemih. Air kelapa juga dapat mengurangi terbentuknya kristal di ginjal. Walaupun demikian, penelitian ke manusia masih perlu dilakukan pengkajian lebih lanjut.

5. Menjaga sistem kerja organ tubuh

Air kelapa menjadi sumber utama arginin yang berguna untuk mengatasi stres tubuh saat berolahraga. Pada dasarnya, asam amino bisa membentuk protein, sehingga secara tidak langsung dapat membantu regenerasi sel. Selain itu, kandungan enzim dalam air kelapa juga dapat membantu kinerja saluran pencernaan dan melancarkan metabolisme tubuh.

6. Menangkal radikal bebas

Radikal bebas bisa menyebabkan stres oksidatif. Kondisi tersebut yang dapat memicu kerusakan sel sehat. Para ahli mengatakan bahwa antioksidan dalam air kelapa berguna meredakan efek stres oksidatif, sehingga secara tidak langsung bisa menangkal radikal bebas. Namun, potensi antioksidan dalam air kelapa tersebut masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

7. Mengganti cairan tubuh

Air kelapa merupakan minuman isotonik yang bermanfaat seperti minuman olahraga yang sudah terformulasi. Kandungan elektrolit bisa mengganti cairan tubuh saat olahraga. Namun untuk bisa mengembalikan cairan tubuh, Anda harus meminum air kelapa dalam jumlah banyak. 

Sumber: hellosehat.com



Posting Komentar untuk "Manfaat Air Kelapa untuk Menunjang Kesehatan Tubuh"