Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Sejarah NATO dan Negara Anggotanya

Beberapa waktu terakhir nama NATO atau North Atlantic Treaty Organization sedang banyak dibicarakan dunia internasional. Banyak orang yang akhirnya penasaran dengan NATO. Lantas apa itu NATO? Berikut ini penjelasan lengkapnya. 

Mengenal Sejarah NATO dan Negara Anggotanya
Bendera NATO (pixabay.com)

Mengenal Sejarah NATO

NATO adalah organisasi kemiliteran yang terbentuk tahun 1949 dengan tujuan untuk mencegah serangan Uni Soviet ke negara-negara komunis yang berada di wilayah Eropa Barat. Menurut Keterangan di buku “Sejarah Peminatan Paket C Setara SMA/MA Kelas XII Modul Tema 14” sejarah NATO dimulai saat terjadi Perang Dingin antara Blok Timur dan Barat. 

Blok Timur beranggotakan negara-negara Eropa Timur diketuai oleh Uni Soviet. Sedangkan negara di wilayah Eropa Barat bergabung dalam Blok Barat yang diketuai oleh Amerika Serikat. 

Kedua negara tersebut memiliki ideologi yang saling bertentangan. Uni Soviet memiliki ideologi komunis, sedangkan Amerika Serikat memiliki ideologi liberalis. Ideologi yang berbeda, membuat kedua negara tersebut sering mengalami konflik. 

Menyadari hal tersebut, maka negara-negara Blok Barat memutuskan untuk membuat aliansi yang kemudian dikenal dengan nama NATO. Organisasi ini terbentuk pada tanggal 4 April 1949 di Brussel, Belgia. NATO dibentuk oleh 12 negara dari Blok Barat antara lain; Amerika Serikat, Inggris, Prancis, Kanada, Belanda, Luksemburg, Denmark, Islandia, Italia, Norwegia, Portugis, dan Belgia. 

Bagi negara-negara itu, NATO menjadi lembaga pertahanan bersama. Jadi, jika ada anggota NATO yang diserang, maka akan dianggap menyerang seluruh anggota NATO. Negara-negara blok timur tidak mau kalah. Negara di wilayah tersebut juga membuat organisasi tandingan NATO yang diberi nama Pakta Warsawa.

Anggota NATO

Pada awalnya, NATO hanya beranggotakan 12 negara. Namun saat ini, sudah ada 30 negara yang menjadi anggota NATO. Berikut daftar negara yang menjadi anggota NATO:
  1. Albania
  2. Amerika Serikat
  3. Belanda
  4. Belgia
  5. Bulgaria
  6. Denmark
  7. Estonia
  8. Hongaria
  9. Inggris
  10. Islandia
  11. Italia
  12. Jerman
  13. Kanada
  14. Kroasia
  15. Latvia
  16. Lituania
  17. Luksemburg
  18. Makedonia Utara
  19. Montenegro
  20. Norwegia
  21. Prancis
  22. Polandia
  23. Portugal
  24. Republik Ceko
  25. Rumania
  26. Slovakia
  27. Slovenia
  28. Spanyol
  29. Turki
  30. Yunani

Posting Komentar untuk "Mengenal Sejarah NATO dan Negara Anggotanya"