Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Metode Ilmiah Biologi Ini Penting Dipahami Sebelum Eksperimen

Metode ilmiah adalah kerangka yang dibuat sebagai landasan dalam menciptakan pengetahuan ilmiah, termasuk dalam ilmu biologi. Metode ilmiah sangat diperlukan untuk menguji kebenaran dari sebuah pernyataan. Maka dari itu, metode ilmiah menjadi bagian penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan. 

Metode Ilmiah Biologi Ini Penting Dipahami Sebelum Eksperimen
Ilustrasi seseorang sedang menyusun metode ilmiah biologi (pixabay.com)

Tahapan Metode ilmiah Biologi

Metode ilmiah digunakan saat hendak melakukan penelitian. Kerangka tersebut dapat mempermudah jalannya penelitian. Lalu, apa sajakah tahapan dalam metode ilmiah biologi? Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Pilih topik penelitian dan tulis pendahuluan

Hal pertama yang harus dilakukan peneliti sebelum memulai eksperimen yaitu mencari topik yang hendak Anda diteliti. Topik penelitian bisa diperoleh dari berbagai sumber mulai dari studi pustaka, observasi lingkungan sekitar, hingga mengkaji penelitian serupa yang pernah dilakukan sebelumnya. 

Setelah menentukan topik yang hendak diangkat dalam penelitian tersebut, maka Anda bisa langsung mulai menuliskan pendahuluan terkait topik tersebut. Pendahuluan diperlukan sebagai landasan untuk melakukan penelitian tersebut.

2. Membuat rumusan masalah

Tahapan metode ilmiah biologi berikutnya yaitu membuat rumusan masalah yang tujuannya untuk menegaskan permasalahan yang akan diuji. Rumusan masalah biasanya dalam kalimat tanya yang harus dijawab dalam pembahasan nantinya.

3. Mencari informasi

Setelah membuat rumusan ilmiah, tahapan berikutnya yaitu mencari informasi. Pencarian informasi membuat kita lebih mendalami topik permasalahan yang akan diteliti. Rujukan informasi bisa berasal dari mana saja, mulai dari situs pemerintahan, jurnal, buku, dan lain sebagainya.

4. Membuat hipotesis

Informasi yang didapatkan kemudian digunakan untuk membuat hipotesis penelitian. Hipotesis merupakan jawaban sementara dari permasalahan yang diangkat sebagai topik penelitian. Hipotesis ditentukan sebelum penelitian dimulai dan nantinya akan dicocokan dengan hasil penelitian.

5. Melakukan eksperimen

Apabila hipotesis telah selesai disusun, tahapan metode ilmiah biologi berikutnya yaitu melakukan eksperimen secara langsung. Eksperimen yang dilakukan harus sesuai dengan variabel penelitian. Dalam ilmu metodologi penelitian, dikenal tiga jenis variabel penelitian yaitu variabel bebas, terikat, dan kontrol.
  • Variabel bebas adalah variabel yang dibuat berbeda dalam penelitian tersebut. Contohnya: perbedaan waktu pengamatan.
  • Variabel terikat adalah variabel yang mendapat pengaruh dari variabel bebas. Contohnya: tinggi tanaman, jumlah daun, warna daun, dan lain sebagainya.
  • Variabel kontrol adalah variabel yang dibuat sama. Contohnya: jenis tanaman yang digunakan untuk penelitian tersebut.

6. Menganalisis data pengamatan

Saat melakukan eksperimen, seorang peneliti pasti akan mendapatkan data baik dalam bentuk angka atau deskripsi. Data yang diperoleh tersebut harus diolah terlebih dahulu agar bisa mengetahui hasil akhir dari penelitian tersebut. 

Pengolahan data bisa dilakukan dengan beragam metode tergantung dari jenis data yang didapatkan. Jika hasil analisis selesai, maka tahapan selanjutnya yaitu membandingkan data tersebut dengan pustaka yang sesuai.

7. Membuat kesimpulan

Penarikan kesimpulan menjadi bagian terakhir dari metode ilmiah biologi. Di tahapan ini, peneliti harus menentukan apakah hasil yang didapatkan sesuai dengan hipotesis atau tidak. Jika hasil penelitian sesuai dengan hipotesis berarti hipotesis tersebut diterima. Namun sebaliknya, jika hasil penelitian tidak sesuai dengan hipotesis, maka hipotesis yang sudah dibuat di awal ditolak.

Sikap-sikap Ilmiah yang Harus Dimiliki Peneliti

Sebagai peneliti, pemahaman seputar metode ilmiah biologi saja tidak cukup. Seorang peneliti harus memiliki beberapa sikap ilmiah, berikut ini:
  1. Memiliki kemampuan untuk membedakan pendapat dan fakta.
  2. Mempunyai rasa ingin tahu tinggi.
  3. Peduli terhadap lingkungan sekitar.
  4. Jujur.
  5. Terbuka dan tidak kaku atau fleksibel.
  6. Berani mencoba.
  7. Mempunyai kemampuan berpendapat secara ilmiah dan kritis.
  8. Mampu bekerja sama dengan orang lain.
  9. Memiliki keuletan dan gigih.
  10. Memiliki rasa tanggung jawab.
  11. Bersyukur atas karunia Tuhan.

Itulah penjelasan singkat seputar metode ilmiah biologi dan sikap ilmiah seorang peneliti yang perlu dipahami. Dengan mengerti metode dan sikap ilmiah, maka kita bisa melakukan penelitian dengan benar dan sesuai dengan kaidah ilmiah. 

Sumber: Buku “Biologi untuk SMA/MA Kelas X”

Posting Komentar untuk "Metode Ilmiah Biologi Ini Penting Dipahami Sebelum Eksperimen"