Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Insecure adalah Rasa Tidak Aman, Begini Cara Mengatasinya

Rasa insecure bisa dialami siapa saja. Bahkan kita sering mendengar istilah ini di kehidupan sehari-hari. Lalu sebenarnya apakah yang dimaksud dengan insecure? Yuk simak penjelasan berikut.

Insecure adalah Rasa Tidak Aman, Begini Cara Mengatasinya
Ilustrasi seseorang yang mengalami insecure (pexels.com/@olly)

Pengertian Insecure

Secara bahasa insecure memiliki arti rasa tidak aman. Namun secara istilah insecure adalah perasaan tidak sebuah tindakan yang terbentuk dari emosi jika kita menilai diri sendiri menjadi inferior dibandingkan orang lain. 

Rasa tidak aman ini bisa mengakibatkan kita menjadi berkecil hati dan tidak percaya diri dengan hal yang kita lakukan. Tentu saja jika dibiarkan berlarut-larut bisa berdampak kurang baik bagi kesehatan mental dan kehidupan sosial.

Ciri Seseorang Mengalami Insecure

Seseorang yang mengalami insecure sebenarnya bisa dikenali dengan beberapa ciri. Berikut ini tanda-tanda seseorang mengalami perasaan tidak aman.

1. Enggan keluar dari zona nyaman

Ketika seseorang tidak ingin keluar dari zona nyaman biasanya disebabkan karena pengalaman di masa lalu yang sudah membuatnya kecewa. Ada banyak ketakutan yang akhirnya membuat orang tersebut tidak mau mencoba hal yang baru. Padahal dengan mencoba hal baru, kemungkinan kita bisa berkembang menjadi lebih besar.

2. Terlalu sering membandingkan diri sendiri dengan orang lain

Ketika melihat pencapaian orang lain, terkadang secara tidak sadar kita lantas membandingkannya dengan diri kita. Padahal kita tahu bahwa segala hal yang ada di dunia ini tidak mungkin sama, termasuk jalan hidup orang. 

Membandingkan diri sendiri dengan orang lain bisa menjadi ciri insecure yang perlu diwaspadai. Terlalu sering membandingkan diri sendiri dengan orang lain bisa mengakibatkan kita menjadi sulit berkembang.

3. Tidak menghargai diri sendiri

Sebenarnya merasa diri sendiri rendah merupakan hal yang umum. Kondisi tersebut bisa dipicu dari pengalaman masa lalu yang buruk. Akibatnya, kita menjadi tidak percaya diri dan terus menilai diri kita lebih rendah dari orang lain. Jika terus menerus tidak menghargai diri sendiri, hal tersebut bisa mengakibatkan kita merasa insecure.

Bagaimana Cara Mengatasi Insecure?

Rasa tidak aman alias insecure memang cukup menyiksa. Perasaan tersebut membuat kita tidak pernah puas dengan hal yang sudah kita peroleh. Banyak orang yang kemudian bertanya bagaimana sih cara untuk mengatasi insecure? Untuk mendapatkan jawabannya, simak penjelasan lengkapnya berikut ini:

1. Fokus pada diri sendiri

Lebih mencintai dan fokus pada diri sendiri menjadi kunci pertama untuk terhindar dari insecure. Saat kita mulai mengalihkan perhatian ke orang lain, di saat itulah insecure bisa muncul. Maka dari itu, mulai saat ini fokuslah pada diri sendiri dan hal-hal yang hendak dicapai.

2. Stop bandingkan diri sendiri dengan orang lain

Dengan berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain, maka kita bisa dengan mudah terhindari dari insecure. Dari pada menghabiskan waktu dan energi untuk membandingkan diri sendiri dengan orang lain, lebih baik gunakan energi tersebut untuk menggali potensi yang ada dalam diri kita.
Berhenti membandingkan diri kita dengan orang lain juga menjadi salah satu kunci untuk terhindari dari stres. Dengan demikian, hidup akan lebih damai dan tenang.

3. Berada bersama orang yang suportif

Cara mengatasi insecure selanjutnya yaitu dengan menempatkan diri kita bersama orang-orang yang suportif. Sebagai makhluk sosial kita akan selalu bergantung pada orang lain. Saat berada bersama orang yang suportif, maka kita akan lebih berkembang dan berfikir positif.

4. Sadari kelebihan dan keunikan diri sendiri

Sadarilah bahwa setiap orang pasti memiliki kelebihan dan keunikannya masing-masing. dengan menyadari hal tersebut maka kita akan berhenti untuk menilai diri kita lebih rendah dari orang lain. Selain itu, kita juga jadi bisa mengenal value dalam diri sendiri dan fokus untuk mengambangkan value tersebut.

5. Bersyukur

Cara mengatasi insecure yang terakhir yaitu dengan bersyukur. Apabila kita menerima kekurangan dan kelebihan yang kita miliki, maka hidup akan lebih tenang dan bahagia. Bersyukur dan terus berusaha untuk menjadi lebih baik merupakan sebuah cara agar kita bisa terbebas dari rasa tidak aman itu.

Itulah penjelasan tentang insecure mulai dari pengertian, ciri, hingga cara mengatasinya. Rasa tidak aman memang bisa menghampiri siapa saja, namun kita bisa mengurangi kadarnya agar bisa hidup lebih nyaman, tenang, dan bahagia.

Sumber: satupersen.net.

Posting Komentar untuk "Insecure adalah Rasa Tidak Aman, Begini Cara Mengatasinya"