Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Agar Tidak Mengantuk Saat Puasa

Saat berpuasa kita mungkin sering merasa ngantuk. Hal tersebut membuat kita menjadi kurang produktif dan akhirnya menimbulkan banyak kerugian untuk diri sendiri maupun orang lain. Lantas, bagaimanakah cara agar tidak mengantuk saat puasa? Simak tips-nya berikut ini.

6 Cara Agar Tidak Mengantuk Saat Puasa
Ilustrasi seseorang yang mengantuk (pixabay.com)

Tips Mengatasi Rasa Ngantuk saat Berpuasa

Mengantuk saat berpuasa sebenarnya menjadi hal yang normal. Namun rasa ngantuk yang dibiarkan begitu saja bisa membuat kita tidak bersemangat dan mengganggu produktifitas. Untuk mencegah rasa kantuk saat berpuasa, berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan.

1. Banyak minum air putih di malam hari

Idealnya, kita perlu mencukupi kebutuhan air minum sekitar 2 liter atau delapan gelas per hari. Namun saat berpuasa kita tidak bisa minum di siang hari. Sebagai solusi, kita perlu memperbanyak konsumsi air putih di malam hari yaitu dua gelas saat sahur, dua gelas saat berbuka puasa, dua gelas seusai shalat tarawih, dan dua gelas sebelum tidur. 

Air putih diperlukan untuk melancarkan metabolisme dan meningkatkan fokus selama berpuasa. Selain itu, mencukupi kebutuhan air putih juga membuat kita terhindar dari rasa kantuk di siang hari.

2. Rutin olahraga

Selain memperbanyak konsumsi air putih di malam hari, rutin berolahraga juga menjadi salah satu cara mengatasi kantuk saat berpuasa. Anda bisa melakukan olahraga ringan hingga sedang saat puasa. Beberapa jenis olahraga bisa dipilih antara lain; jalan kaki, lari di tempat, atau bersepeda. Untuk waktunya, Anda bisa memilih sebelum atau sesudah berbuka puasa.

Olahraga dipercaya bisa meningkatkan sirkulasi darah, melatih jantung, dan meningkatkan kekebalan tubuh. Dengan olahraga rutin, maka tubuh akan tetap bugar saat berpuasa.

3. Beribadah

Beribadah juga menjadi cara agar tidak mengantuk saat puasa. Ketika mulai mengantuk, Anda bisa langsung berwudhu, sehingga mata akan terasa lebih segar. Setelah berwudhu, Anda bisa melakukan ibadah seperti membaca kitab suci atau sholat sunnah. Rasa kantuk biasanya muncul di jam 08.00 – 11.00, di waktu itu Anda bisa melaksanakan sholat dhuha. Selain berpahala, ibadah ini juga membuat kita lebih segar dan tidak mengantuk.

4. Berbincang dengan orang lain

Berbincang atau berdiskusi dengan orang lain bisa menjadi salah satu solusi untuk menghindari kantuk saat puasa. Namun, agar pahala puasa tidak hilang, pastikan Anda berdiskusi atau berbincang hal-hal yang baik dan bernilai ibadah.

5. Menganti posisi saat bekerja

Rasa kantuk juga bisanya tetap muncul meskipun kita sedang bekerja. Solusi yang bisa dilakukan apabila hal ini terjadi yaitu dengan mengubah posisi tubuh ketika bekerja. Cobalah untuk mengubah posisi duduk menjadi lebih tegak kemudian silangkan kaki. 

Tak hanya itu, Anda juga bisa melakukan peregangan punggung agar tubuh menjadi lebih rileks. Jika Anda bekerja di rumah, Anda bisa pindah tempat. Misalnya yang awalnya bekerja di kamar, Anda bisa berpindah ke ruang tamu atau ruang keluarga untuk mendapatkan suasana yang baru.

6. Istirahat sejenak

Bekerja saat berpuasa menjadi tantangan tersendiri. Rasa bosan dan kantuk seringkali datang di siang hari dan membuat kita menjadi tidak fokus dalam bekerja. Salah satu cara yang bisa dilakukan saat kantuk datang yaitu dengan istirahat sejenak.

Anda bisa meninggalkan meja kerja sejenak, kemudian keluar mencari udara yang lebih segar. Selain itu, Anda juga bisa mengalihkan pandangan dari layar komputer ke pemandangan hijau. Dengan cara ini, harapannya pikiran akan lebih segar dan Anda bisa kembali fokus bekerja. 

Itulah enam cara agar tidak mengantuk saat puasa. Dengan menerapkan cara di atas, semoga kita bisa beribadah dengan khusuk dan tetap menjalankan produktif dalam setiap kegiatan yang dilakukan.
 

Sumber: https://www.halodoc.com/artikel/selalu-merasa-ngantuk-saat-puasa-ini-cara-mengatasinya

Posting Komentar untuk "6 Cara Agar Tidak Mengantuk Saat Puasa"