Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Jenis Sel Tumbuhan yang Penting untuk Diketahui

Sama halnya dengan makhluk hidup lainnya, tumbuhan juga memiliki sel penyusun yang fungsinya berbeda-beda. Sel tumbuhan termasuk jenis sel eukariotik. Sekilas sel-sel pada tumbuhan hampir sama dengan organel pada sel hewan, walaupun demikian tetap ada perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan. 

Penyusun sel tumbuhan pada dasarnya terdiri atas beberapa struktur sel yang dibungkus oleh dinding sel. Nah, pada artikel kali ini kita akan mengenal bagian-bagian penyusun sel tumbuhan. Dilansir dari buku Biologi Sel Unit Terkecil Penyusun Tubuh Makhluk Hidup, berikut penjelasan lengkapnya berikut ini. 

10 Jenis Sel Tumbuhan yang Penting untuk Diketahui
Ilustrasi tumbuhan (PIXABAY)

Macam-macam Sel Tumbuhan

1. Dinding sel

Dinding sel merupakan bagian terluar dari sel tumbuhan lebih tepatnya berada di luar membran plasma. Dinding sel mempunyai bentuk yang tebal, akan tetapi mudah ditembus oleh saluran-saluran yang ada di dalamnya atau disebut dengan plasmodesmata.

2. Membran sel

Membran sel atau membran plasma adalah struktur yang hampir dimiliki oleh seluruh makhluk. Bagian sisi membran sel dikelilingi oleh dinding sel yang kaku. Bagian ini membentuk sel dan melindunginya dari serangan luar. Membran plasma adalah bagian terluar dari sel. Bagian ini terdiri dari lipid, protein dan karbohidrat.

3. Ribosom

Ribosom adalah organel kecil dan padat. Diameter ribosom antara 17-20 um. Ribosom berfungsi sebagai tempat reaksi sintetik protein. Ribosom terbagi menjadi dua subunit yaitu subunit besar dan subunit kecil. Kedua subunit ini akan berdifusi jika proses translasi berlangsung.

4. Retikulum endoplasma

Retikulum Endoplasma atau sering disingkat RE. Sel ini bisa dianggap sebagai organel sel yang berfungsi sebagai saluran dalam sitoplasma. Sel tumbuhan ini akan menghubungkan membran sel dengan nukleus.

5. Badan golgi

Badan golgi merupakan kantong-kantong khas yang keberadaannya bisa ditemukan dalam suatu sel eukariotik. Istilah badan golgi pertama kali dikemukakan oleh Camillo Golgi, seorang ilmuwan asal Italia.

6. Sitoplasma

Sitoplasma adalah bagian kompleks dari sel. Sitoplasma mengandung banyak molekul termasuk suspensi sel dan organel sel lainnya. Sitoplasma sendiri terdiri dari dua komponen utama, yaitu sitosol dan berbagai organel lainnya. Sitosol adalah komponen seperti cairan dari sitoplasma yang mengelilingi organel.

7. Nukleus 

Inti sel atau nukleus berfungsi untuk menyimpan informasi genetik pada tumbuhan. Informasi genetik ini dapat berupa DNA atau RNA yang menyimpan semua gen yang mengekspresikan sifat fisik dan fisiologis tanaman.

8. Kloroplas 

Jenis sel tumbuhan lainnya yaitu kloroplas. Perlu dipahami bahwa kloroplas adalah organel sel tumbuhan tempat berlangsungnya fotosintesis. Kloroplas biasanya organel sel dengan membran ganda. Organel ini ditemukan di hampir semua tanaman. Kloroplas berperan untuk mengubah energi cahaya matahari menjadi energi kimia yang disimpan dalam bentuk molekul gula.

9. Mitokondria

Mitokondria termasuk sel yang ada di hampir semua sel eukariotik, mulai dari tanaman, hewan, protista, hingga jamur. Mitokondria adalah sel dengan bentuk bulat atau tongkat yang ukurannya sekitar 0,2 – 5 ┬Ám. Jumlah mitokondria diketahui sangat banyak dan bermacam-macam. Bahkan, mitokondria tergolong sebagai sel yang aktif. 

10. Vakuola

Vakuola pada tumbuhan biasanya berisi air, fenol, antosianin, alkaloid dan protein. Vakuola juga ditemukan pada hewan. Hanya saja, vakuola pada tumbuhan jauh lebih besar dibandingkan dengan vakuola pada hewan.

Sekian penjelasan singkat mengenai bagian-bagian penyusun sel tumbuhan. Sejatinya penyusun sel tumbuhan terdiri atas banyak sel yang mempunyai fungsinya masing-masing.  

Author: Arthur S. Basoeki
Editor: Aeni

Posting Komentar untuk "10 Jenis Sel Tumbuhan yang Penting untuk Diketahui"